Updateotomotif

Produsen Motor Listrik dari Tangerang Yakin Bisa Bersaing Lawan Honda

Motor listrik United E-Motor. Foto: Septian Farhan Nurhuda / Updateotomotif

Motor listrik United E-Motor. Foto: Septian Farhan Nurhuda / Updateotomotif

Sabtu, 06 Apr 2024 01:56 WIB

Jakarta – Produsen motor listrik yang bermarkas di Curug, Tangerang, United E-Motor mengaku yakin produk-produknya mampu bersaing dengan motor listrik buatan Honda. Bahkan, mereka tak khawatir seandainya konsumen melakukan perbandingan secara langsung.

Awan Setiawan, selaku Division Head United E-Motor mengklaim, pihaknya percaya diri seandainya harus ‘bertarung’ melawan merek Jepang seperti Honda. Sebab, secara produk, motor listrik buatannya diklaim mampu bersaing. Namun, dia menyadari, jaringan United E-Motor masih kalah jauh dari Honda.

“Sebenarnya secara produk kita nggak takut (bersaing), yang dikhawatirkan bukan brand tapi jaringan. Honda mungkin udah ada ribuan (jaringan). Karena otomotif kalau ekosistemnya terbentuk, demand-nya cepat,” ujar Awan Setiawan saat ditemui di Alam Sutera, Tangerang Selatan, Kamis malam (4/4).

United E-Motor luncurkan 4 motor listrik baru di Indonesia. Foto: Updateotomotif

Itulah mengapa, sebagai pemain lokal, United E-Motor berencana menambah lebih banyak jaringan di Indonesia. Awan menargetkan ada 50 jaringan resmi yang akan beroperasi di sejumlah titik hingga akhir tahun ini.

Awan kemudian membandingkan motor listrik pertama Honda, yakni EM1 e dengan produk entry level milik United yang harganya hanya Rp 8,8 jutaan. Menurutnya, motor listriknya masih lebih kencang.

“Temen-temen bisa coba, (motor listrik Honda) sama United MX1200 masih kencengan punya kita. Kita sebenarnya secara produk kurang lebih masih bisa (bersaing). Benar secara brand kita masih kurang kuat, tapi utamanya (kalah) jaringan,” ungkapnya.

Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus

Lebih jauh, menurut informasi yang diterima Awan, merek Jepang belum akan pol-polan menjual motor listrik di Indonesia. Kini, ketika mereka belum sepenuhnya masuk, pihaknya bisa memperkuat pasar untuk kemudian bersaing di masa depan.

“Informasi yang kami dapat dari vendor, mereka (merek Jepang) baru mau fokus ke motor listrik tahun 2030. Gitu. Artinya apa? Artinya masih ada 6 tahun lagi untuk memperkuat ini. Dan pasti United harus masuk 5 besar nasional di motor listrik, kalau nggak, selesai sudah,” kata dia.

Sebagai catatan, United E-Motor saat ini sudah menjual sejumlah produk andalan di Indonesia, yakni United TX3000, TX1800, T1800 dan MX1200. Mereka mengklaim telah menjual 11 ribuan unit motor listrik sepanjang tahun lalu.

Exit mobile version